Total Pageviews

Sunday, October 9, 2016

[Workout] Week 48 - Progressive Calisthenics After a Year of Consistency

Senin: Push Day

Hari ini saya tidak melakukan weighted karena akan memfokuskan untuk recovery otot supaya pada minggu depan saya siap menggunakan program "Intermediate", perubahan sedikit gerakan saja berpengaruh besar pada recovery apa lagi perubahan total... Disamping itu juga karena sudah memasuki bulan Oktober yang dengan kata lain bulan genap berarti beberapa gerakan yang bisa dilakukan menggunakan ring akan saya fokuskan, supaya tidak hanya otot saja yang terlatih tetapi juga stability.


Selasa: Pull Day

Masih seperti kemarin tanpa weighted & menggunakan max repetisi, hasilnya walaupun tidak ada yang mencapai 10 repetisi tiap set tetap karena gerakan turun lebih terkontrol & lebih lambat membuat tenaga saya terkuras lebih cepat & tentunya merasakan overload lebih cepat pula. Untuk gerakan 'Close Grip Chin-up' pun berasa sangat berat sekali untuk mencapai enam repetisi dengan tempo yang lambat. Setelah selesai saya mencoba melakukan 'Barbel Row' & 'Barbel Curl' max rep x3 set dengan catatan seexplosive mungkin, bicep & punggung saya benar-benar habis hari ini.


Rabu: Freeletics Gym (Mani Conditioning) & Intermediate Endurance Circuit

Cuaca hari ini tidak menentu, ada suara gemuruh petir tetapi tidak juga hujan yang membuat saya mencari aman yaitu dengan melakukan workout didalam ruangan. Saya mencoba menu "Mani" dari aplikasi Freeletics Gym yang hanya bermodalkan plate, saya kira menu ini tidak akan berasa tetapi saya hampir down digerakan 'Plate Sit-up'. 'Sit-up' biasa memang bukan hal yang sulit, tetapi sambil menggunakan plate 10kg menjadi tantangan tersendiri. Setelah itu saya mencoba menu endurance yang akan saya masukan pada salah satu workout minggu depan & hasilnya hanya satu round saja sudah membuat upper body saya gemetar, tidak terbayang seandainya saya melakukan gerakan tersebut setelah menu "Bar of Glory"...


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Push terakhir hari ini saya putuskan untuk kembali menggunakan gerakan original menu "Superhuman Origin" karena saya ingin memastikan form sebaik mungkin sebelum ganti program ketingkat berikutnya, memang tidak terlalu berat tetapi cukup untuk membuat otot overload.


Sabtu: Freeletics Gym + MadBarz


Hari terakhir melakukan menu "Superhuman Origin" ini tadinya akan saya gunakan untuk memperbaiki form, tetapi sepertinya cuaca berkata lain karena hujan yang turun tanpa henti dari tadi siang yang membuat saya harus melakukan workout didalam ruangan. Selain itu akibat Iron Gym saya rusak membuat saya tidak ada akses untuk melakukan 'Pull-up', mau tidak mau hari ini saya pakai untuk melakukan Freeletics Gym dengan menu "Elli" karena bisa dibilang lumayan membebankan pada upper body.


Setelah selesai saya melakukan "Barbell Curls" delapan repetisi sebanyak tiga set dengan rest time 30 detik, tetapi saya merasa masih memiliki banyak sekali tenaga sehingga saya lanjutkan menggunakan MadBarz. Sudah lumayan lama juga saya tidak menggunakan aplikasi tersebut, walaupun tidak terlalu berat tetapi lumayan juga untuk hidangan penutup.


Minggu: Rest


Review:
Satu tahun sudah saya konsisten melakukan strength training, sebagai pemula pendirian saya sering sekali goyah entah karena mencoba diet tertentu, suplemen maupun terlalu sering mengganti gerakan. Dari ketiga hal tersebut yang sangat saya menyesal yaitu mencoba diet tanpa informasi & perhitungan yang detil, pernah menjadi overweight membuat pikiran saya paranoid terhadap makanan. Untuk mengembalikan kembali kejalurnya pun saya membutuhkan waktu sekitar 2-3bulan, paling tidak tiga bulan terakhir ini saya mulai makan seperti biasa tanpa ada rasa paranoid. Pernah melakukan check up kedokter pun saya disuruh perbanyak cemilan yang mengandung serat, jadi saya lakukan saja & mulai mencoba resep makanan sederhana agar makan malam sedikit terkontrol komposisinya walaupun tidak setiap hari.


Diatas adalah foto perbandingan saya pada minggu ke-19 (Kiri) dengan minggu ke-48 (Kanan) atau bisa dibilang sudah satu tahun. Sepintas memang tidak terlalu terlihat, tetapi bagian dada kebawah mulai mengecil sampai pada bagian love handle, bagian upper pack pun mulai sedikit terlihat. Pada lengan sendiri bagian tricep saya lebih menonjol. Progress ini baru terlihat setelah gaya makan saya mulai lepas tanpa memikirkan hal negatif, walaupun tidak ada pantangan bukan berarti saya makan begitu saja, tetapi tetap terkontrol & tidak memakan cemilan yang manis terlalu banyak.

Karena pengalaman tersebut saya tidak pernah merekomendasi diet kepada orang yang sedang berusaha untuk menjadi ideal karena kemungkinan menjadi paranoid terhadap makanan sangat besar, yang ada bukannya menjadi sehat tetapi malah sebaliknya akibat kalori yang dibutuhkan terlalu kurang & sudah pasti akan berpengaruh terhadap performa workout.


Satu tahun merupakan waktu yang tidak sebentar, tetapi saya dapat bertahan & bahkan dapat melakukan gerakan yang sebelumnya saya anggap mustahil seperti foto diatas misalnya. Saya semakin semangat ketingkat berikutnya walaupun progress biasanya akan melambat karena menu berubah total, tetapi jika tetap dibawa santai & have fun bukan hal yang mustahil saya dapat melewati tingkat tersebut.

No comments: