Total Pageviews

Monday, October 3, 2016

[Workout] Week 47 - Progressive Calisthenics

Senin: Push Day (Weighted)

Mulai minggu ini saya akan fokus dengan hypertrophy rep range yang dengan kata lain walaupun weighted paling tidak saya harus mengeincar antara 8-12 repetisi tiap setnya, kita liat bagaimana perkembangannya.


Selasa: Pull Day (Weighted)

Hampir saya hari ini tidak melakukan workout diluar karena hujan, kendala utama musim hujan yaitu cuaca yang tidak menentu & sepertinya cuaca berkata lain disaat jam workout karena langit berlahan mulai cerah. Hari ini seperti biasa melakukan weighted, tetapi saya akan melakukan perubahan total dimana target weighted saya targetkan pada hypertrophy rep range yaitu antar 6-12 repetisi/set. Karena 'Weighted Pull-up' lebih berat daripada 'Weighted Dip' sepertinya saya akan agak lama untuk mencapai repetisi tersebut.


Rabu: HIIT & Core Day

HIIT seperti biasa, yaitu tiga set dengan rest time 30 detik. Gerakan core setelah itu menggunakan beban kecuali untuk 'Half Dragon Flag' & saya menggunakan max repetisi, repetisi awal tidak berasa sama sekali tetapi setelah repetisi ke-11 saya merasakan kontraksi otot perut yang sangat kencang bahkan membuat saya sampai tertawa...


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Max reps hari ini benar-benar saya fokuskan untuk hypertrophy, tiap repetisi saya coba perlambat tetapi tidak terlalu lambat juga. Bisa dibilang range repetisi 6-12 itu saya sudah dapat merasakan burning effect diotot saya.


Sabtu: Freestyle

Hari ini saya mencoba melakukan trik di GOR Satria Purwokerto, bukan trik yang wah tetapi cukup untuk menantang grip saya. Setelah itu saya mencoba melakukan 'Bend Arm Handstand' karena hanya tinggal gerakan ini yang belum saya bisa untuk menjadi persyaratan menggunakan menu Intermediate. Selama ini saya ragu untuk melakukan 'Bend Arm Handstand' diparallel bar karena memang sangat beresiko, tetapi karena hari ini saya berada di GOR jadi bisa mencoba. Target awal sebenarnya hanya untuk mendapatkan feel saja, tetapi ternyata saya berhasil menggerakan bagian pinggul yang akhirnya dapat meluruskan kaki. Sempat terjatuh dua kali tidak mengurangi rasa penasaran saya, walaupun kaki belum lurus sempurna tetapi buat saya itu sebuah pencapaian yang luar biasa. Akibat berkali-kali gagal untuk gerakan yang satu ini saya mencoba meme motivasi, lumayan juga hasilnya.



Minggu: Rest


Review:
Tadinya saya berpikir untuk terus menjalankan menu sekarang karena total dari 48 minggu nanti baru sekitar 36 minggu saya menggunakan menu ini & variasinya, tetapi karena saya berhasil melakukan 'Bend Arm Handstand' yang dengan kata lain semua gerakan yang harus dikuasai pada tingkat Beginner ini sudah berhasil saya lakukan walaupun beberapa gerakan belum bisa sempurna membuat saya yakin untuk menggunakan menu Intermediate pada minggu ke-49 nanti.

No comments: