Total Pageviews

Sunday, October 16, 2016

[Workout] 1 Year 1 Week - Superhuman Rising

Senin: Rest


Selasa: Calisthenics Grind + Fat Burning Circuit Quest

Hari pertama "Superhuman Rising" benar-benar membuat saya kewalahan, sudah lama sekali saya tidak merasakan workout yang menguras tenaga seperti ini. Tadinya saya ragu dengan gerakan 'High Pull-up' tapi ternyata saya dapat melakukannya dengan baik walaupun belum melewati enam repetisi, tugas gerakan yang harus saya koreksi yaitu 'L-sit Pull-up' & 'Windshield Wiper'. Kusus untuk 'Windshield Wiper' form saya masih sangat berantakan karena baru pertama kali melakukan gerakan tersebut, tadinya saya tidak yakin dapat melakukan satu repetisi & akan menggunakan versi mudahnya, tetapi setelah saya coba ternyata dapat melakukan empat repetisi & langsung sangat berasa pada bagian lat & perut samping (entah apa namanya).

Untuk "Fat Burning Circuit" sendiri tidak terlalu masalah, tetapi untuk gerakan 'Burpee' & 'Side Burpee' sangat menguras tenaga otot saya karena saat gerakan 'Push-up' menggunakan clean form. Tiga set yang sangat membebankan tidak hanya cardiovascular saya tetapi juga otot, sepertinya malam ini akan tidur nyenyak...


Rabu: Killer Leg Circuit + 1x Endurance Quest

Seperti namanya, menu kali ini membuat lower body saya tidak bertenaga. Mungkin jika tidak dipatok 30 repetisi tidak terlalu masalah, tetapi karena diwajibkan 30 repetisi membuat menjadi tiga set yang sangat berat walaupun gerakannya bisa dibilang gerakan basic. Setelah selesai saya istirahat lima menit  & langsung melanjutkan "Endurance Quest", target melakukan dua set berturut-turut ternyata tidak tercapai & hanya dapat melakukan satu set saja. "Endurance Quest" berbeda dari menu lainnya karena saya diharuskan untuk melakukan circuit tanpa putus & dilakukan sebanyak-banyaknya, satu kali saja sudah sangat berasa apa lagi jika lebih dari itu...


Kamis: Rest


Jumat: Barz of Glory + Burning Circuit Quest

Hampir saja hari ini tidak melakukan workout karena hujan lebat, beruntung tidak lama kemudian benar-benar reda sehingga saya tidak memiliki alasan lagi untuk tidak melakukan workout diluar ruangan. Minggu pertama "Superhuman Rising" ini ingin saya lakukan sesuai jadwal karena minggu pertama merupakan minggu badan beradaptasi dengan workout baru. Untuk menu hari ini seperti yang sudah saya duga sebelumnya bahwa 'Archer Pull-up' masih terlalu berat, dua set pertama saya dapat melakukan 2-4 repetisi, tetapi pada set ke-3 saya menyelesaikannya dengan gaya row karena otot sudah tidak kuat lagi & karena kaki menapak tanah jadi saya dapat lebih berkonsentrasi untuk melatih pergerakan terutama perpindahan berat. Setelah selesai "Barz of Glory" saya istirahat sekitar 10 menit & dilanjutkan dengan "Fat Burning Circuit Quest". Untuk quest sendiri sebenarnya tidak harus dilakukan setiap workout, tetapi karena durasi workout pada bulan pertama ini hanya empat kali yang dengan kata lain ada hari dimana saya mendapatkan dua hari rest day berturut-turut jadi kenapa tidak.


Sabtu: Hardbody + 3x Endurance Quest

Menu terakhir dari "Superhuman Rising" yaitu "Hardbody", beberapa gerakan sudah sangat familiar buat saya sehingga tidak mengalami kesulitan saat eksekusi tekniknya, tetapi ada dua gerakan yang masih sangat kacau yaitu 'Front Lever Swing' & 'Korean Dip' atau kadang juga disebut 'Back Muscle-up'. Setelah selesai & istirahat sekitar tiga menit saya langsung melanjutkan "Endurance Quest", sebenarnya minimal 10 menit sudah sangat pas, tapi karena kondisi  cuaca yang kembali hujan membuat saya mempercepat waktu istirahat tersebut. Gerakan 'Pull-over' sekarang berasa sangat ringan dibandingkan satu bulan lalu yang membuat transisi pertama jauh lebih halus, sedangkan pada saat 'Pull-up' nyaris tidak gerangkat karena efek istirahat yang terlalu singkat tadi. Setelah selesai pun saya langsung merasakan pegal luar biasa pada bagian bahu & punggung. Malam harinya saya mencoba melakukan "Endurance Quest" kembali sebanyak dua kali & hasilnya upper body berasa lebih panas dari pada sebelumnya.


Minggu: Rest


Review:

Minggu pertama "Superhuman Rising" dapat saya ikuti dengan penuh termasuk challange quest & sebagian gerakan sudah sangat familiar bahkan sudah cukup menguasainya, beberapa gerakan yang masih berantakan yaitu seperti 'Archer Pull-up', 'Front Lever Hold/Swing' & 'Korean Dips' bisa dibilang masih kekurangan strength & aktivasi bagian core. Kusus untuk 'Archer Pull-up' saya masih belum menguasai perpindahan berat badan, bisa dibilang masih terlalu mikir sehingga gerakannya belum mengalir. Target awal menu ini tidak terlalu tinggi yaitu hanya ingin dapat melakukan 'Muscle-up' sehingga saat 'Endurance Quest' saya tidak perlu menggunakan 'Pull-over', karena menggunakan 'Pull-over' itu bisa dibilang versi mudahnya.

No comments: