Total Pageviews

Monday, September 19, 2016

[Workout] Week 45 - Level 11 Progressive Calisthenics

Senin: Push Day (Weighted)

Saya masih menggunakan metode hari Sabtu yaitu hanya tiga set dengan rest time 30-90 detik, sampai akhir saya masih mempunyai tenaga untuk mencoba gerakan-gerakan baru, tetapi namanya High Intensity Training beban diotot benar-benar besar & terbukti dengan upper body saya yang menjadi bewarna merah akibat otot yang panas. Setelah istirahat sebentar saya merasa masih memiliki tenaga untuk mencoba gerakan-gerakan baru, saking asiknya baru sadar bicep sudah sedikit overload...


Selasa: Pull Day (Weighted)

Masih mengaplikasi gaya workout kemarin & saya mengalami penurunan performa yang membuat 'Weighted Chin-up' pada set terakhir harus terhenti direpetisi ke empat, entah karena sudah terlalu overload atau karena mencoba gerakan baru kemarin. Sebelum melakukan 'Max Pull-up' saya mencoba menggunakan 30 detik rest, hasilnya hanya mendapatkan lima repetisi. Setelah workout selesai & beristirahat saya mencoba melakukan 'Max Pull-up' kembali & mendapatkan 10 repetisi. Sepertinya jika akan melakukan max repetisi paling cepat melakukan rest sekitar 2-3 menit karena jika kurang dari itu kekuatan otot yang digunakan selama weighted belum siap untuk melakukan repetisi tinggi.


Rabu: HIIT & Core Day

Hari ini kembali saya lakukan tiga set dengan rest time 30 detik, kelemahannya jika tidak all out dari awal maka saat selesai tidak akan begitu berasa. Setelah selesai saya mencoba menggunakan menu Freeletics Gym yang bernama "Nott" dengan beban 10kg, untuk gerakan 'Plate Sit-up' & 'Russian Twist' tidak ada masalah, tetapi saat melakukan 'Coocon' bagian triceps saya benar-benar sangat berasa. Setelah selesai saya tetap melakukan 'Half Dragon Flag' seperti biasa.


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Hari ini kembali menggunakan tiga set dengan 30 detik rest time, gaya ini saya sebut dengan Spartan Mode yang bisa dibilang lebih condong kearah High Intensity Training atau HIT. Progress minggu ini saya melakukan super set 'Diamond Push-up' & 'Explosive Push-up' dengan kaki diatas (Feet Elevated), tidak seperti minggu sebelumnya dimana saya menurunkan kaki pada set ke-2. Walaupun pada set ke-3 tadi saya pause agak lama tetapi efeknya sangat berasa sekali.


Sabtu: Pull Day

Hari ini saya mencoba memasukan 'Inverted Row' aka 'Australian Pull-up' kembali karena saya merasa row merupakan gerakan paling mudah untuk melatih otot punggung yang nantinya bakal mempengaruhi pergerakan saat melakukan 'Pull-up'.


Minggu: Rest


Review:
Semakin lama sepertinya semakin sering saya membandingkan gerakan advance dengan gerakan basic untuk mencari kesempurnaan teknik, bukan karena teknik saya bagus melainkan saya mencari gerakan yang dapat saya eksekusi dengan baik tetapi tetap dapat memberikan resistensi keotot dengan baik.

No comments: