Total Pageviews

Sunday, August 7, 2016

[Workout] Week 39 - Level 11 Progressive Calisthenics

Senin: Push Day (Weighted)

Lima & delapan repetisi sepertinya sangat pas untuk weighted & ditambah lagi kemajuan untuk gerakan 'Leg Raises to Bar' atau 'Toes to Bar' atau 'Full Leg Raises' dimana selama tiga set pertama saya dapat menyentuh 10 repetisi tanpa ada pause & tanpa momentum tentunya.


Selasa: Pull Day (Weighted)

Total repetisi 'Weighted Pull-up' & variasinya yaitu 50 repetisi & ditambah 'Pull-up' max satu set mendapatkan 12 repetisi, kalau dilihat dari repetisi tidak ada peningkatan pada repetisi max tersebut tetapi jika dilihat dari performa keseluruhan sudah pasti sebuah peningkatan karena gerakan tersebut saya lakukan setelah melakukan weighted ditambah untuk selalu explosive ditiap repetisi. Minggu ini merupakan minggu ke-3 saya melakukan weighted dengan plate 5kg, minggu depan saya mulai menambah beban menjadi 10kg.


Rabu: HIIT & Core Day

Tidak terlalu banyak perubahan pada hari ini, hanya sepertinya kebutuhan kalori harian saya harus ditingkatkan karena pencernaan mulai melambat. Dari fisik sendiri bagian abs jauh lebih kencang dibandingkan dua minggu sebelumnya.


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Saya merasa gerakan 'Ring Dip' jauh lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya, tetapi yang jadi masalah power saya berkurang drastis. Sepertinya minggu depan saya akan menurunkan repetisi gerakan tersebut dari 10 repetisi menjadi lima repetisi saja untuk memperbaiki form. Mungkin kelihatannya sepele, tetapi yang saya rasakan dengan form yang lebih baik ini ada satu masalah yaitu disaat ingin melakukan explosive malah membuat power hilang akibat balance yang tidak sempurna.


Sabtu: Pull Day

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalau mulai hari ini akan fokus untuk memperbaiki form 'Pistol Squats', dengan bantuan paralel bar ternyata tetap sangat berasa sekali ditiap repetisinya. Secara keseluruhan hari ini saya mengalami penurunan performa akibat kurangnya jam tidur, maklum tetangga didepan rumah sedang merenovasi rumah sehingga suasana pagi hari lebih berisik dibandingkan biasanya.


Minggu: Rest


Review:
Untuk memperbaiki teknik mau tidak mau kita harus mengorbankan gerakan yang advance atau bahkan menurunkan repetisi, jika tidak tubuh kita tidak akan terbiasa untuk mengeksekusi teknik tersebut dengan benar karena jika otot sudah lelah gerakan pun pasti menjadi berantakan.

No comments: