Total Pageviews

Sunday, July 31, 2016

[Workout] Week 38 - Level 11 Progressive Calisthenics

Senin: Push Day (Weighted)

Setelah minggu kemarin saya pakai untuk perkenalan terhadap weighted maka minggu ini masuk kerepetisi utama yaitu delapan repetisi sebanyak lima set, walaupun tidak sepegal saat pertama kali melakukan tetap saja efek pegalnya sangat luar biasa.


Selasa: Pull Day (Weighted)

Hujan lebat hari ini tidak menghalangi saya untuk menyelesaikan workout hari ini, karena tidak ada petir tentunya. Hanya saja menggunakan beban tambahan saat melakukan 'Pull-up' dengan tiang yang basah memang menjadi tantangan tersendiri untuk mempertahankan grip, sepertinya delapan repetisi weighted 'Pull-up' sebanyak lima set terlalu tinggi yang dengan kata lain minggu depan saya tetap bertahan dilima repetisi untuk weighted.


Rabu: HIIT & Core Day

HIIT hari ini saya menggunakan menu awal & memang lebih berasa, apa lagi setelah ditambah gerakan core membuat bagian tersebut lebih aktif dari sebelum-sebelumnya.


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Sepertinya tiap workout benar-benar merupakan challange sekarang karena walaupun repetisi tiap set dapat terputus tetapi tetap saja efeknya sangat luar biasa, berbeda dari minggu-minggu sebelumnya & perkembangan otot dibadan saya pun lebih terlihat.


Sabtu: Pull Day

Sedikit peningkatan performa pada 'Wide Pull-up' setelah dua minggu lalu mengalami penurunan akibat penambahan durasi 'Jumping Rope', sepertinya pengaruh melakukan weighted juga sehingga badan saya merasa sedikit lebih ringan. Untuk 'Pistol Squat' saya merasa harus fokus memperbaiki form terlebih dahulu, sehingga untuk minggu berikutnya saya akan menggunakan assisted sampai pergerakannya agak nyaman.


Minggu: Rest


Review:
Berawal dari keraguan untuk melakukan weighted pada gerakan tertentu & ternyata timing saya bisa dibilang sangat pas, terbukti dengan melakukan weighted saya masih dapat mempertahankan form & merasakan progress yang jauh lebih cepat. Bukan berarti saya menyarankan untuk langsung melakukan weighted, melainkan anda harus mencapai repetisi tertentu terlebih dahulu dengan form sebaik mungkin & melakukan tingkatan gerakan yang lebih sulit. Jika dari form sudah baik & target max repetisi tercapai barulah mulai menggunakan weighted secara bertahap hanya menggunakan gerakan basic, alasannya cukup sederhana yaitu agar tidak merusak form karena jika terlalu berat atau gerakan terlalu complex maka anda akan terlalu fokus untuk mengangkat beban tersebut bukannya melakukan repetisi dengan benar.

No comments: