Total Pageviews

Sunday, July 24, 2016

[Workout] Week 37 - Level 11 Progressive Calisthenics

Senin: Push Day (Weighted)

Hari ini pertama kalinya saya menggunakan beban, bukan  dumbbell melainkan barbell plate dengan berat 5kg sebagai permulaan. Karena menggunakan beban maka saya hanya menggunakan gerakan basic saja kecuali untuk 'Push-up' dimana saya menggantinya dengan 'Diamond Push-up' atau 'Close Push-up' dengan plate 5kg dipunggung saya. Untuk perkenalan saya hanya melakukan lima repetisi tiap set & sepertinya terlalu ringan...


Selasa: Pull Day (Weighted)

Pull Day hari ini tidak dapat menyelesaikan semua karena setelah selesai gerakan 'Close Grip Chin-up' langsung turun hujan dengan lebatnya, yang dengan kata lain saya melewatkan 'Pull-up Hold' tetapi tetap melakukan 'Lunges' & 'Squats' didalam ruangan dengan plate tentunya. Tadinya saya merasa beban 5kg agak kurang berasa saat melakukan workout, tetapi beberapa jam kemudian saya merasa semua otot langsung pegal bukan main. Sepertinya keputusan saya membeli plate 5kg sudah tepat, kita coba selama satu bulan & jika sudah terbiasa dengan form yang baik maka saya akan menambahkan 5kg berikutnya. 


Karena penasaran dengan bentuk punggung jadi saya coba flex & minta tolong sodara saya untuk memfoto, ternyata sudah jauh lebih baik dari terakhir saya memfoto bagian tersebut, bagian perut memang masih menjadi kendala utama tetapi saya bawa santai aja karena tubuh kita pasti akan berubah dengan sendirinya sesuai dengan aktivitas yang rutin dilakukan.


Rabu: HIIT & Core Day

Core hari ini jauh lebih berasa dibandingkan sebelum-sebelumnya karena beberapa gerakan menggunakan plate, sayang tricep saya masih sangat pegal.


Kamis: Rest


Jumat: Push Day

Dua hari ini tidak menggunakan beban jadi lebih fokus kegerakan advance karena gerakan basic direpetisi rendah sudah tidak terlalu berasa.


Sabtu: Pull Day

Hujan turun disaat baru menyelesaikan 'Wide Pull-up', tadinya saya berpikir untuk mengganti gerakan bar didalam ruangan dengan freeweight, tetapi karena tidak ada petir jadi saya lanjutkan sampai selesai. Kondisi fisik hari ini pun masih sangat pegal akibat efek "Push Day" kemarin, paling tidak saya masih dapat mengeksekusi gerakan dengan baik.


Minggu: Rest


Review:
Minggu ini saya mulai menggunakan pemberat untuk dua hari pertama, tetapi saya tetap mengutamakan teknik & karena untuk memperkuat basic itulah saya hanya menggunakan beban atau weighted pada gerakan dasar saja.

No comments: