Total Pageviews

Sunday, July 3, 2016

[Workout] Week 34 - Level 9 Progressive Calisthenics

Senin: Push Day

Mendung dari pagi hingga sore hari, saya kira bakal turun hujan makanya tidak melakukan 'Ring Dip' & menggantinya dengan 12 repetisi 'Dip'. Suasana sore ini juga membuat gerakan pertama menjadi kurang bersemangat.


Selasa: Pull Day



Hari ini delapan repetisi dapat saya pertahankan baik untuk 'Wide Pull-up' maupun 'Close Grip Chin-up', mungkin banyak yang bertanya kenapa saya beberapa kali mengganti gerakan saat "Push Day" dibandingkan 'Pull Day". Jawabannya karena progress pada "Push Day" lebih cepat karena sebagian besar gerakannya masih menginjak tanah dimana beban pada tubuh tidak seberat saat "Pull Day" yang mengangkat seluruh berat tubuh. Bagaimana perasaan workout sambil berpuasa? Tidak ada masalah sama sekali sampai sekarang, bahkan beberapa kali saya memforsir fisik lebih berat dibandingkan beberapa bulan lalu. Mungkin karena sebelum puasa ramadan saya sudah menjalankan "Warrior Diet" makanya saya tidak merasakan badan lemas pada awal puasa ramadan karena sudah mengalami dua minggu sebelumnya, hanya saja jumlah kalori yang saya asup memang sangat berpengaruh terhadap workout esok harinya & adanya pembatasan asupan air membuat otot saya lebih cepat overload.


Rabu: Endurance Day


Pertama kali melakukan endurance 50 'Pull-up' nyaris saja menyentuh overload sebelum selesai, sepertinya harus mengoreksi strategi untuk minggu berikutnya agar tidak terjadi lagi.


Kamis: Rest


Mungkin banyak yang bingung, apa yang membedakan antara "Endurance Day" dengan "Rest Day". Pada "Endurance Day" saya melakukan gerakan basic dengan repetisi tinggi yaitu 'Push-up', 'Pull-up' & beberapa gerakan lainnya yang nanti akan saya tambahkan dengan repetisi tinggi. Sedangkan pada "Rest Day" saya hanya melakukan 'Push-up' atau bahkan tidak workout sama sekali.


Jumat: Push Day

Hari ini saya dapat mempertahankan 10 repetisi baik 'Handstand Push-up' maupun 'Ring Dips', bukan hanya itu saja, bahkan saya pun dapat meratakan repetisi 'One Hand Push-up' lima repetisi masing-masing tangan yang dengan kata lain sebuah penungkatan performa yang sangat terlihat karena pada hari-hari sebelumnya saya hanya melakukan delapan repetisi 'Ring Dip' & tiga repetisi 'Ong Hand Push-up'. Mungkin pengaruh makanan saya semalam dimana baru pertama kalinya saya menyentuh lebih dari 100gr protein dalam satu hari & kalori yang lumayan tinggi, sepertinya sudah mulai mendapatkan gambaran apa yang harus saya makan.




Sabtu: Pull Day

Progress yang sangat besar pada hari ini, mungkin sepintas tidak terlihat tetapi form 'Wide Pull-up' saya jauh lebih baik dibandingkan Selasa kemarin & ditambah lagi dapat mempertahankan delapan repetisi sebanyak empat set. Pada set terakhir saya mencoba untuk melakukan repetisi ke-9 tetapi badan sudah tidak terangkat, sedangkan pada 'Close Grip Chin-up' pada set terakhir tembus 10 repetisi.


Minggu: Rest


Rest day 'Push-up' hari ini saya mulai lebih awal yang dengan kata lain saya tidak sempat tidur siang, apa lagi semalam saya kesulitan tidur & ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi badan walaupun tidak terlalu mempengaruhi performa saya atau mungkin badan saya sudah mulai terbiasa dengan 100 repetisi. Alasan saya memulai lebih awal karena akan mengadakan buka bersama bersama teman-teman waktu SD dulu, karena beberapa tahun lalu saya tidak dapat berkumpul karena berada di Jakarta jadi saya tidak mau melewatkan kesempatan ini.


Review:
Melakukan aktivitas fisik setiap hari ternyata tidak mempengaruhi performa selama jam istirahat & asupan nutrisi kita pas & yang ada saya semakin terbiasa dengan gerakan basic yang tentunya sangat berpengaruh terhadap gerakan berikutnya karena gerakan basic merupakan pondasi utama.

No comments: