Total Pageviews

Tuesday, March 15, 2016

[Workouts Tips] How to Breathing!

Kedengarannya memang aneh, kenapa harus mengajarkan cara bernapas padahal kita bernapas setiap saat?

Kenyataannya pada jaman sekarang semakin banyak orang bernapas dengan cara yang tidak seharusnya!

Seperti yang kita sudah tahu bahwa gaya kita bernapas dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pernapasan dada & pernapasan perut. Tetapi diantara kedua gaya tadi manakah yang lebih natural? Jawabannya yaitu pernapasan perut.

Tahukah anda bahwa setiap bayi bernapas yang lebih terlihat mengembang-kempes adalah bagian perut? Kenapa bukan bagian dada?

Paru-paru memang berfungsi untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh, tetapi yang bertugas untuk memompa udara keluar atau masuk ketubuh kita jauh lebih bagus menggunakan perut karena kapasitas udara yang masuk dapat dua kali lipat lebih banyak dibandingkan menggunakan dada. Mungkin untuk aktivitas biasa tidak terlalu berasa, tetapi saat berolahraga terutama olahraga berat napas anda lebih cepat stabil menggunakan pernapasan perut.

Apa yang menyebabkan banyak manusia menggunakan pernapasan dada?

Pendapat saya pribadi karena perut manusia sekarang buncit, untuk meningkatkan rasa percaya diri agar perut buncit tidak terlihat maka mereka lebih sering menggunakan pernapasan dada yang akhirnya menjadi kebiasaan. Akibat kebiasaan tersebutlah kita menjadi merasa asing dengan pernapasan perut, tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri!

Saya pribadi mengalami hal tersebut, sampai sekarang pun secara tidak sadar kadang masih suka menggunakan pernapasan dada. Tetapi untuk setiap workout selalu saya biasakan untuk melakukan pernapasan perut, karena pada saat workout itu tubuh kita memerlukan banyak oksigen terutama untuk otot & otak. Efek utama tubuh kita kekurangan oksigen saat workout yaitu pusing, mual & bahkan sampai muntah.

Jadi sudah benarkah cara bernapas anda?

No comments: