Total Pageviews

Wednesday, December 9, 2015

White Snake Project Part.2

10 January 2015

Pengecekan pada hari ini akhirnya saya melihat kopulasi antara Mojave M dengan Lesser F, entah sudah berapa kopulasi terlewatkan atau mungkin baru kali ini saja.

12 January 2015

Feeding Day:
Feeding day hari ini terjadi perubahan perilaku pada Lesser F, dimana biasanya dia tetap melahap mangsanya walau pun sedang proses shedding, tetapi kali ini dia sama skali tidak ada nikat untuk menyerang. Mungkin hanya perasaan saja, kita tunggu perkembangan feeding day senin depan.

Untuk Normal F sekarang masih tidak mau makan, kemungkinan besar perutnya sudah isi karena biasanya paling gampang makan. Seandainya benar maka perhitungan mundur pun dimulai karena ia baru saja selesai shedding.

19 January 2015

Feeding Day:
Minggu kemarin saya pikir akan ada tanda-tanda dari Lesser F, ternyata feeding day minggu ini dia masih melahap mangsanya. Sepertinya tugas Mojave M belom selesai untuk betina yang satu ini.

Disisi lain Mojave F yang sudah 4 bulan puasa, minggu ini makan rat dengan ukuran yang cukup besar dibanding biasanya.

Semoga saja Mojave M cepat selesai shedding agar dapat menjalankan tugasnya untuk minggu ini.

31 January 2015 - 01 February 2015

31 January malam saya melakukan pengecekan sekitar pukul 9 p.m. & mendapati Mojave dengan Lesser sedang kopulasi, Hingga tadi pagi (01 February) posisi mereka masih belom berubah & kopulasi masih terjadi.

 07 February 2015

Lock untuk yang ke lima kalinya untuk Mojave x Lesser Platinum, benar-benar g sabar untuk project perdana ini.

Disisi lain Normal sedang berada dicooling spot, tanda-tanda kah?


09 February 2015

Feeding day:
Feeding day hari ini belum ada keanehan diantara dua betina yang sedang dikawinkan, hanya saja untuk pertama kalinya saya melihat Mojave lock dengan Normal dimusim ini. Saat pemberian makan pun dua ekor betina tersebut masih memiliki respon yang bagus.


21 March 2015

Ada pemandangan yang tidak biasa dari 2013 Lesser Platinum, ukuran perutnya kelihatan sangat besar & kencang seperti baru saja makan. Memang betina yang satu ini masih meneruma makanan hari senin kemarin tanggal 16 March 2015, tetapi setelah buang kotoran pada hari Rabu, ukuran perutnya tidak sampai sebesar ini. Semoga pertanda baik, saya sudah tidak sabar menanti kejutan apa yang akan diberikan oleh si Lesser Platinum ini.

03 April 2015

Pagi ini akhirnya melihat 2010 Normal ovulasi untuk pertama kalinya setelah dua musim sebelumnya tidak pernah ketahuan.



Masih belum ada tanda-tanda, sudah 2 minggu ini nolak makan & selalu berada dicool spot.


16 April 2015

2010 Normal lagi sering berendam untuk persiapan pre-layed shed, walau pun bukan termasuk 'White Snake Project' tetapi tidak ada salahnya jika tetap difollow up.


27 April 2015

Akhirnya 2010 Normal Shedding, apakah ini pre-layed shed? Dari penampakan setelah shedding ada perubahan warna yang sedikit berbesan lebih cerah dari pada biasanya, apakah glowing phase? kita tunggu sana.


08 May 2015

Good sign dari 2 betina, 2010 Normal F sudah mulai menunjukan tanda-tanda hitungan mundur. Sedangkan 2013 Lesser Platinum F Mulai fokus pada coolspot disekitar tempat minum.


07 June 2015

2010 Normal F bertelur sebanyak 7 butir, semua telurnya terlihat sehat & memiliki vine yang jelas. Saatnya masuk ke inkubator selama kurang lebih 60 hari. Tinggal menanti 2013 Lesser Platinum F yang belum ada tanda-tanda ovulasi.


03 August 2015

2013 Lesser Platinum F menolak makan kali ini, apakah tanda-tanda? Saya tidak tahu pasti & masih berharap mendapatkan clutch dari betina ini.

22 August 2015

Tanggal 10 Lesser tidak makan karena tidak ada ukuran stock rat & pada tanggal 17 ternyata masih menolak makan, saya mulai harap-harap cemas. Sampai tadi pagi saat saya melakukan pengecekan ada sesuatu yang aneh, saya merasa ukuran perut Lesser ini lebih besar dari biasa sekitar 1.5 kaleng soda. Untuk meyakinkan saya coba menghandle untuk melihat postur perutnya, ternyata benar dia sedang ovulasi. Perkiaraan bertelur sekitar akhir bulan October 2015, berharap mendapatkan Blue Eyed Leucistic yang saya idam-idamkan.


08 September 2015

Pre-layed shed!! Semoga bertelur sebelum saya berangkat ke Jakarta agar lebih aman karena untuk breed bisa dibilang baru saya yang menguasai diantara orang dirumah.


27 September 2015

Sepertinya tidak lama lagi melihat gerak-gerik si lesser dalam beberapa hari ini.



08 Oktober 2015

Perkiraan 2015 Lesser Platinum akan bertelor pada hari ini, saat pengecekan pagi saya tidak melihat ada telur ataupun tanda-tanda & sepertinya perkiraan saya meleset. Pada malam harinya entah kenapa saya ingin melihat kandang kembali untuk memastikan, ternyata sudah ada telur. Karena posisinya belum sempurnya saya pikir belum semuanya keluar, jadi saya tinggal sebentar untuk makan. Setelah selesai saya bersiap untuk membuat video, kebetulan bertelur malam hari jadi paling tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk menjadi cameraman.


Mohon maaf gambar & suara tidak terlalu bagus karena hanya menggunakan smartphone, ditambah dengan kemampuan berbicara didepan camera yang masih harus diasah.

Karena hari sudah malam saya meletakan 2015 Lesser Platinum dikandang sementara, karena kandang utama harus dicuci bersih agar bau telurnya hilang. Kenapa? Karena betina biasanya akan tetap menolak makan selama masih ada bau telurnya karena pada dasarnya ball python termasuk hewan yang mengerami telur & tidak akan beranjak sampai menetas yang tentunya akan membuat badan sibetina semakin kurus karena berkurangnya lemak dibadannya.

28 November 2015


Hari ke-53 inkubasi, sudah mulai bersiap-siap & melakukan pengecekan setiap hari. Tidak sabar rasanya untuk mengetahui morph apa saja yang saya dapatkan dari project double gene pertama ini.

06 December 2015


Hari yang paling saya tunggu, satu ekor menetas dengan sendirinya dihari ke-61 masa inkubasi. Saya cukup beruntung karena dalam clutch ini mendapatkan tiga ekor Blue Eyed Leucistic, tidak sabar menunggu mereka keluar. Saya berharap mendapatkan jantan untuk saya keep sebagai bahan project kedepannya.

07 December 2015


Selisih satu hari setelah cutting siputih yang pertama saya cutting sudah mulai mencoba keluar dari cangkang.

09 December 2015


Hari ini semua hatchling sudah keluar dari cangkangnya, mereka saya pindahkan kedalam box sementara & dimasukan kembali kedalam inkubator sampai selesai ganti kulit lalu saya sexing. Saya merasa sangat beruntung karena selain ini merupakan project combo pertama juga saya pasrah & tidak berharap banyak, kemungkinan 25% atau bisa dibilang 1:4 untuk mendapatkan 'Blue Eyes Leucistic' ternyata memberikan saya tiga ekor dari sembilan butir yang tadinya saya hanya berharap mendapatkan satu atau dua ekor saja.



_________________________________
Sekian jurnal kali ini, mungkin agak terlalu panjang karena masih belajar. Jurnal selanjutnya sepertinya akan saya buat lebih ringkas.

No comments: