Total Pageviews

Sunday, November 15, 2015

[Workouts] Week 1 MadBarz Routine

Mulai minggu ini saya akan fokus melakukan workouts dari MadBarz, tanpa melakukan diet & tanpa mengkonsumsi suplemen apapun. Target saya dapat melakukan Muscle-ups dalam beberapa minggu kedepan, bukan good form tetapi lebih untuk mencari power sampai keatas tiang lebih dahulu. Sebenarnya pada bulan ini menunya adalah 'Full Body 7R', tetapi karena hujan yang tidak menentu saya mengganti workouts dengan 'Push-up Routine'.

Senin: Calisthenics (MadBarz)


Hujan membuat saya harus workouts didalam ruangan, terbiasa dengan Pull-up membuat hari tanpa Pull-up membuat ada sesuatu yang sangat kurang tiap harinya.

Selasa: Calisthenics (Madbarz)


Akhirnya melakukan menu 'Full Body 7R', hampir saja saya ketiduran karena suasana yang mendung. Paling tidak saya hari ini melakukan Pull-up, puas rasanya setelah tiga hari dipaksa oleh alam untuk tidak melakukan Pull-up.

Selesai workouts saya istirahat sebentar & mencoba untuk melakukan Muscle-up. Untuk melakukan clean dengan momentum masih terlalu berat untuk saya karena posisi dada masih kurang tinggi dengan bar, tetapi jika saya memaksa dengan memfokuskan power untuk mengangkat salah satu siku paling tidak saya membutuhkan 25% tenaga lagi.

Rabu: Calisthenics (MadBarz)


Hampir saja hari ini tidak melakukan menu Pull-up, disaat baru mulai menu 'Full Body 7R' gerimis mulai sedikit lebat. Karena matahari masih bersinar jadi saya putuskan untuk tetap melakukan workouts dengan resiko kehujanan, tetapi saat memasuki round ke-3 langit sudah cerah. Tidak sia-sia workouts hari ini karena bisa dibilang satu hari tanpa Pull-up berasa ada yang kurang.

Kamis: Calisthenics (MadBarz)


Cuaca hari ini tidak mendukung untuk melakukan workouts diluar, gerimis kecil sebenarnya tidak menjadi penghalang tetapi suara gemuruh petir yang membuat saya mengurungkan niat. Demi keselamatan jadi saya lebih memilih untuk melakukan menu 'Push-up Routine' didalam ruangan, untuk kali ini saya merasa lebih baik ditiap repetisi & mampu menjaga form saya sampai menu selesai.

Jumat: Calisthenics (MadBarz)


Hari ini sedikit mengesalkan, kenapa? Karena disaat baru saja mulai workouts hujan langsung turun, karena sudah terlanjur jadi y lanjutkan saja. Yang lebih mengesalkan disaat seluruh round selesai hujan langsung berhenti, sepertinya mental saya sedang diuji karena disisi lain kondisi badan sedang drop.

Sabtu: Calisthenics (MadBarz)


Suasana hujan lebat & kondisi tubuh yang sudah tidak karuan tetapi masih ingin melakukan workouts, karena masih bisa bangun dari kasur jadi y hajar saja. Memasuki akhir round ke-2 saya merasa performa turun darastis dibandingkan saat melakukan menu yang sama sebelumnya, mungkin pengaruh kondisi fisik yang sedang drop. Tapi mau bagaimana lagi karena jika tidak workouts badan saya merasa tidak enak & bingung mau melakukan apa.

Minggu: Calisthenics (MadBarz)


Sore yang cerah untuk melakukan workouts, kondisi fisik memang masih belum benar-benar fit tetapi paling tidak lebih baik dari kemarin.


Sambil istirahat saya sedikit bermain dengan anak saya & mencoba mengenalkan Pull-up, sebagai pengenalan belajar bergantung sudah cukup. Tetapi tidak seperti kebanyakan orang, jika biasanya kita melepaskan pegangan disaat sudah tidak kuat maka anak saya malah memperkuat pegangannya karena takut jatuh. Sepertinya pengenalan berikutnya harus mengajarkan untuk turun dari bar.


Karena hari masih terang & tenaga masih tersisa banyak jadi saya gunakan untuk menlakukan sedikit freestyle. Saya tidak pernah berlatih kusus untuk melakukan gerakan tersebut, yang saya lakukan hanya selalu mencoba melakukan gerakan basic sebaik mungkin & entah mengapa gerakan advance yang sangat jarang saya lakukan ikut menjadi lebih baik.

Jika dilihat dari video gerakan saya masih terlalu cepat & kurang tegas, mungkin beberapa minggu kedepan bisa lebih baik lagi. Sedikit progress sangat berarti, apa lagi teknik merupakan segalanya.

No comments: