Total Pageviews

Sunday, November 29, 2015

[Workouts Tips] Push-up Tips For Beginner

Tips sederhana untuk yang belum terbiasa melakukan Push-up maupun yang ingin memperbaiki form agar lebih baik.

 
  1. Mulai lah dari bawah: Untuk pemula biasanya jika memulai dari atas bahu & siku akan lock disudut 90 derajat & tidak sedikit pula yang merasa terlalu berat yang akhirnya hanya turun sedikit lalu naik lagi, untuk pemula tidak masalah sebenarnya tetapi nantinya hal tersebut akan menjadi kebiasaan buruk yang tentunya otot yang terlibat pun jauh dari target. Jangan lupa posisi tangan selebar bahu, semakin kecil jarak tangan semakin bagus karena Range on Motion (ROM) menjadi lebih jauh yang dengan katalain kerja otot lebih lama untuk mencapai posisi atas maupun bawah.
  2. Menegangkan semua otot: Sebelum mencoba untuk mendorong tubuh keatas coba lah untuk menegangkan otot satu persatu dari mulai bahu, punggung, core (pinggang) & paha. Jika ketegangan otot core kebawah kurang bisa dipastikan bagian dada yang jauh lebih naik.
  3. Mulai mendorong: Inti dari Push-up bukan mengangkat badan tetapi lakukan gerakan mendorong (Push) menggunakan tenaga dari seluruh lengan, yang perlu diperhatikan yaitu tetap menjaga posisi badan tetap lurus dari bahu sampai tumit kaki. Posisi siku sejajar dengan badan, bukan melebar kesamping.
  4. Jaga ketegangan otot ditiap repetisi: Jangan relax, kebanyakan orang akan relax saat berada dibawah sehingga ketegangan otot menjadi berkurang ditiap repetisi. Memang hal sepele, tetapi hal tersebut memberikan efek besar terhadap otot yang dilatih.
  5. Pause saat diatas & dibawah: Pause satu detik setiap berada diatas & bawah tanpa mengurangi ketegangan otot akan membuat tiap repetisi menjadi lebih berat tanpa harus menambahkan beban, jangan lupa tangan sampai lock saat diatas.
  6. Semua pemula pasti akan melakukan segala cara untuk melakukan gerakan No.3, tetapi bukan itu intinya. Pemula sangat wajar tidak dapat melakukan satu repetisi saat pertama & paling tidak dengan melatih menegangkan otot & sedikit mendorong sudah memancing otot untuk berkembang. Jadi jangan sepelekan progress, karena semua orang dapat melalukan berbagai macam gerakan Push-up pasti melalui tahap tersebut.

Setelah mencoba biasanya ada bagian tubuh yang berasa lebih pegal dari lainnya. Beberapa orang ada yang lebih terasa dibagian tricep, dada, bahu, punggung & bahkan paha belakang (hamstring). Tidak ada masalah karena itu adalah bagian terlemah dari tubuh anda yang dipaksa berkembang untuk mengikuti bagian lainnya agar dapat melakukan Push-up.

Jadi tidak ada fokus bagian tertentu (isolated) karena semua Body Weight Training melibatkan Body Motion atau gerakan tubuh yang membuat otot sekecil apapun bekerja.

No comments: