Total Pageviews

Monday, November 30, 2015

[Workouts Tips] Everyday Workouts... Why not?

Mungkin untuk pemula atau yang baru akan melakukan workouts menganggap workout setiap hari itu tidak mungkin, bahkan tidak sedikit juga yang menganggap kalau melakukan workouts setiap hari seperti saya itu freak sehingga untuk pemula merasa tidak kuat & menjadi minder.

Sebenarnya semua itu melalui sebuah proses, saya pun pada awalnya berpikir tidak mungkin untuk melakukan workouts setiap hari. Ditambah lagi dengan adanya istilah 'Over Training' membuat saya menjadi agak paranoid, semakin saya mencari informasi tentang 'Over Training' tidak pernah mendapatkan jawaban yang dapat membuat saya puas. Jika anda mencari kata 'Over Training' maka akan ada banyak penjelasan & kata pakar. Tetapi pernahkah anda berpikir bagaimana seorang athlete dapat berlatih setiap hari bahkan tiga kali perhari?

Semakin saya membandingkan dengan gaya berlatih seorang athlete semakin mantap juga saya untuk menyimpulkan bahwa 'Over Training' adalah sebuah mitos, setelah mematahkah mind set tersebut baru lah saya dapat memforsir tubuh saya lebih jauh lagi dengan menambah hari workouts secara bertahap. Memang untuk pertama kali saya merasakan badan lemas & performa turun, tetapi dengan komposisi makanan yang tepat, istirahat yang cukup & tidak melakukan diet ketat membuat saya cepat melakukan recovery walau pun ada saat dimana tubuh saya meminta waktu recovery lebih lama yang membuat saya memutuskan untuk mengambil off satu atau dua hari.

Untuk kondisi tersebut saya lebih menyebut dengan 'Under Recovery', yaitu suatu kondisi dimana tubuh kita memerlukan waktu penyembuhan lebih lama dari biasanya. Ditambah lagi efek dari 'Strength Training' bisa sampai 48 jam, yang dengan kata lain kerusakan otot juga akan terakumulasi.

Berikut tips jika ingin dapat melakukan workouts setiap hari.
  1. Menambah hari workouts secara bertahap.
  2. Workout efisien sekitar 10-30 menit cukup
  3. Lakukan gerakan sesempurna mungkin untuk menghindari cidera.
  4. Istirahat yang cukup, target jam tidur yaitu 7-9 jam/hari
  5. Makan dengan komposisi makanan yang tepat.
  6. Dengarkan apa yang tubuh anda minta.
  7. Have fun!

Bingung dengan no.7? Singkatnya yaitu lakukan workout semenyenangkan mungkin & jangan anggap sebagai hukuman karena akan mempengaruhi performa serta menghambat perkembangan tubuh anda, berlatih freestyle untuk show off dapat memancing semangat setiap melakukan workout. Jika semua hal diatas sudah anda penuhi maka anda akan merasakan perasaan tidak enak & bingung jika tidak melakukan workout dalam satu hari & itu sudah saya alami sendiri.

Banyak orang melakukan workout sampai berjam-jam, untuk 'Cardio' tidak terlalu masalah tetapi untuk 'Strength Training' hal itu tidak perlu karena pada 'Cardio' tidak ada 'After Effect' seperti pada 'Strength Training'. Jadi workout setiap hari bukan hal mustahil & tidak perlu menjadi athlete untuk melakukannya.

"Want athlete body? Just train like an athlete", saya bisa kenapa anda tidak?


Note: Saya hanya memberikan tips & saran sesuai dengan pengalaman saya, untuk kondisi & limit kemampuan tubuh anda hanya anda sendiri yang mengetahui & merasakannya. Tetapi percayalah bahwa apa yang anda lakukan tidak akan sia-sia.

No comments: